Jumat, 21 Desember 2012

Arti Sukses Adalah ...

  13 comments    
categories: 
Arti Sukses -
"Apa arti sukses menurut anda?"
Pertanyaan ini pernah ditujukan oleh seorang dosen kepada mahasiswa Bogor EduCARE (BEC) ketika beliau mengajar, termasuk pula saya. Karena ketika itu kejadiannya spontan sekali, maka jawaban yang meluncur dari mulut saya pun cukup spontan pula. Sebelumnya, sang dosen bertanya kepada mahasiswa dan mahasiswi di kelas kami satu per satu. Beragam jawaban terucap.
"Apa arti sukses menurut anda?"
Ada yang menjawab sukses itu adalah ketika kita memiliki suatu jabatan yang strategis di perusahaan, mempunyai mobil mewah, sudah naik haji, memiliki usaha sendiri, punya uang yang banyak hingga ada pula yang menjawab sukses itu orang yang matinya masuk surga.
Ketika tiba giliran saya ditanya oleh sang dosen, saya pun menjawab: "sukses adalah saya. Sukses adalah apa yang saya kerjakan". Terdengar sedikit angkuh? tidak! Saya tidak angkuh. Kelak sahabat akan mengerti kenapa saya menjawab seperti itu.
Mendengar jawaban saya tersebut, kontan seisi kelas berdecak kagum. Namun saya merasa, kekaguman mereka tidak beralasan dan cenderung mengolok-olok saya. Lain halnya dengan sang dosen yang saya rasa paham betul apa maksud dari jawaban saya tersebut.
Namun demikian, bukan manusia namanya jika tidak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Saya pun bertekad untuk mencari arti sukses yang hakiki, arti sukses yang tidak bisa terbantahkan. Berbulan-bulan saya mencari arti sukses setelah peristiwa di kelas itu hingga pada suatu hari ketika saya melaksanakan kegiatan Praktik Industri di sebuah perusahaan di kota Bekasi, saya menemukan jawabannya.

Hari itu seperti hari-hari biasa sebelumnya, kegiatan rutin Praktik Industri yang sedikit membosankan. Suasana yang membosankan perlahan berubah menyenangkan ketika sebuah diskusi hangat digelar. Diskusi ini rutin terjadi di ruangan kami dari mulai diskusi agama, pandangan hidup hingga hal sepele yang menarik untuk diperbincangkan.

"Apa arti sukses?"

Ketika itu, muncul di benak saya untuk menanyakan tentang arti sukses yang hakiki. Dan jawaban beliau adalah: "Sebelum anda bertanya, sebaiknya kita tahu dulu definisi umum tentang sukses itu. Sukses itu kan berhasil mencapai/ mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi kalau menurut saya ketika kita berhasil mencapai apa yang saya inginkan itu bisa dikatakan sukses. Sebagai contoh, ketika saya mempunyai keinginan lulus Sekolah Dasar (SD) dan beberapa tahun kemudian saya berhasil lulus SD, maka saya sukses. Namun yang perlu dicatat adalah sukses itu banyak. lha? kenapa? karena manusia itu memiliki banyak keingingan kan? sudah jelas ketika keinginan-keinginannya tercapai berarti suksesnya banyak, betul? Di sini kita bisa tarik kesimpulan bahwa yang benar-benar sukses itu tidak ada, kenapa? karena dari banyaknya keinginan yang dimiliki manusia itu mustahil bisa tercapai semuanya. Arti sukses yang hakiki kembali lagi ke definisi yang sebelumnya, yakni berhasil mencapai/ mendapatkan apa yang kita inginkan."
Dari penjelasan super beliau, saya pun dapat menarik kesimpulan tentang arti sukses yang selama ini orang perdebatkan. Ketika orang mendefinisikan sukses itu adalah mempunyai mobil mewah, berarti ia memiliki keinginan untuk mempunyai mobil mewah. Begitu pula orang yang mendefinisikan sukses itu adalah ketika ia bisa naik haji, sudah bisa dipastikan naik haji adalah keinginan orang tersebut. Jadi apapun arti sukses menurut sahabat, ketahuilah bahwa arti sukses yang sebenarnya itu adalah ketika kita berhasil mencapai/ mendapatkan apa yang kita inginkan. Sadarilah dari jawaban yang berbeda selama ini hanyalah persoalan dimensi/ sudut pandang saja yang kesemuanya berujung kepada definisi umum sukses itu sendiri. Semoga bermanfaat. :)

13 komentar:

  1. kalau benda yg mustahil dan berjya capai tu sukses yg mengkagumkan lah

    BalasHapus
  2. tambah gk mudeng -___- . sukses saya hnya ingin satu,kuasai dunia hahaha komen back y

    BalasHapus
  3. hmmm... bijak sekali artikel diatas..
    thanks kawan

    BalasHapus
  4. @Dayah Danisha: yap, sudah pasti itu mengagumkan sekali :)

    @Vicio Rizky: wah, maaf gan.. mungkin bahasa yang saya gunakan terlalu tinggi dan cenderung memiliki kesimpulan yang tersirat :p

    @kalimat motivasi: terima kasih, kawan. :)

    @Bayu Setiawan: Terima kasih sudah ikut berpartisipasi dengan memberikan pandangan akan arti sukses di sini. :D

    BalasHapus
  5. Sukses itu kepuasan hati yang sudah tercapai

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. kalau menurut saya sukses itu banyak artiannya bagi setiap orang .. bedabeda sih tergantung orang tersebut mengartikkan arti sukses itu seperti apa :)

    BalasHapus
  10. Sukses bisa diraih setiap orang, tetapi hanya sebagian orang yang benar-benar serius untuk menggapai sukes, sisanya... kebanyakan ngayal.

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^