Sabtu, 24 November 2012

Berbagai Mitos yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses

  10 comments    
categories: 

Mitos
 Di negara berkembang, banyak masyarakat yang terjangkit penyakit mitos-mitos menyesatkan. Ada kalangan tertentu yang mempercayai kekuatan gaib dan mitos ilmu sesat bisa membuat mereka kaya mendadak. Mereka berharap pada tuyul untuk mencuri uang tetangga supaya cepat kaya. Ada pula yang mempercayai dan memakai ilmu pelaris supaya dagangannya laku keras.
Zaman modern sekarang pun hal-hal mistis seperti itu masih dipercayai. Kalangan ini merupakan kelompok yang berharap nasib baik berpihak pada mereka. Orang-orang ini berharap cepat kayak arena alam gaib akan membantu. Setelah diketahui, ternyata mereka tetap sama seperti sebelumnya dan kenyataannya mereka tidak aman dalam jangka panjang, mereka mengandalkan ilmu hitam dan percaya mitos menyesatkan tersebut akan membantu.
Sekarang bentuk mitos-mitos itu mengalami perkembangan, bukan hanya dari sifat mistis, melainkan merasuk pada pikiran mental seseorang. Di antara mitos itu adalah:
Mitos pendidikan, ‘saya tidak bisa sukses karena pendidikan saya rendah’.
Mitos nasib, ‘biar berjuang bagaimana pun, saya tidak mungkin sukses karena nasib saya memang sudah begini’.
Mitos usia, ‘ini pekerjaan untuk anak muda, saya sudah terlalu tua’ atau ‘kita kan masih muda belum waktunya untuk memulai’.
Mitos gender, ‘jelas saja dia bisa, dia kan laki-laki sedangkan saya perempuan’ (atau sebaliknya).
Mitos mistis, ‘kita harus pakai pelaris supaya pembeli banyak, atau ‘pakai dukun saja untuk menang pemilu’.
Mitos shio, ‘dia shio macan memang bisa sukses, saya kan shio babi’ dan lain sebagainya.
Omong kosong untuk mitos-mitos ini. Kerja keras adalah jawaban untuk meraih sukses. Kita tidak membutuhkan pendidikan tinggi seratus persen, tidak memerlukan usia yang lebih tua untuk kaya. Tidak harus anak pejabat dan dari keturunan kaya untuk meraih sukses. Yang dibuttuhkan hanya duduk, pikirkan, rencanakan dan kerjakan. Itulah pekerjaan rumah kita sesungguhnya. Jika kita terus mempercayai mitos-mitos itu, kita tidak akan pernah siap bergerak.

Andrie Wongso


Andrie wongso pernah diramal tidak akan sukses oleh seorang dukun tua di daerah Jawa Timur. Andrie kecil diramal akan bernasib sial karena fisiknya yang lemah dan pendidikan yang tidak memadai. Andrie tidak memiliki latar belakang pendidikan bagus, bahkan sekolah dasar pun tidak tamat. Apa yang terjadi, Andrie tidak memercayai ramalan itu dan sekarang beliau memiliki perusahaan besar, sebagai motivator no. 1 Indonesia, dan seorang pembicara Asia. Bagaimana dengan dukun tua tadi? Dia tetap menjadi penghuni gubuk reot sampai sekarang.
Percayalah, melalui proses yang ulet, usaha itu akan berkembang baik. Kegagalan dan penolakan adalah konsekuensi dari setiap keputusan yang kita ambil. Kita hanya punya dua pilihan, berhasil atau gagal. Kuncinya adalah tindakan kita. Sebab kedua pilihan itu bisa jadi benar bisa jadi salah. Dibalik setiap kegagalan terdapat proses pendidikan, sebuah pelajaran untuk kita berbuat dan bertindak lebih bijak di kemudian hari. Semoga bermanfaat. Salam sukses, luar biasa!

10 komentar:

  1. hmmm lumayan sbagai motivasi komen back y

    BalasHapus
  2. @Vicio rizky: terima kasih :)

    BalasHapus
  3. waduhh, musti hati2 nih biar ga kejebak sama mitos. hehehe

    BalasHapus
  4. @Vandebuy: betul, mesti hati-hati :)

    @Dayah Danisha: mitos tu semacam kumpulan mitologi/prosa/cerita tradisional.

    BalasHapus
  5. syapa yang bilang mitos itu syirik.syirik atau gak itu tergantung si individu nanggepinnya gmna....

    @damas : postingan kali ini but gw garuk" perut owkowkowkowk


    http://readyact.blogspot.com/2012/11/awal-julukan-monyet-lampung.html

    BalasHapus
  6. Kunjungan siang gan, ikut nyimak

    BalasHapus
  7. wow infonya menarik kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja. terimakasih..

    BalasHapus
  8. wow info yang keren kak.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat web yukk disini saja.. terimakasih

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^