Sabtu, 18 Februari 2012

the Meaning of Happiness


Apa sih arti kebahagiaan itu?

Apakah kedudukan sosial di masyarakat menentukan bahwa orang tersebut memiliki kebahagiaan atau tidak? Dalam hal ini apakah sudah dapat dipastikan bahwa orang kaya memiliki kebahagian jika dibandingkan orang miskin?

Jika iya, lantas mengapa masih banyak terdengar di sejumlah berita bahwa banyak jutawan ataupun orang terkenal yang memiliki banyak uang yang mengakhiri hidupya dengan cara bunuh diri karena hidupnya tidak tenang, bukankah mereka sudah bahagia dengan uang yang mereka miliki?

Lantas jika tidak berpengaruh, mengapa banyak orang yang sampai mati-matian berusaha untuk menjadi orang kaya agar mendapatkan kebahagiaan?

“Lebih baik miskin nggak punya uang daripada punya uang banyak tapi nggak tenang”. Itulah komentar nyeleneh salah seorang teman Saya menanggapi fenomena kematian sejumlah jutawan ataupun orang terkenal yang disebabkan bunuh diri maupun overdosis obat terlarang.

Menurut pengamatan saya (berdasarkan pengalaman pribadi juga sih) bahwasanya arti kebahagiaan itu bersifat relatif. Artinya banyak  orang berbeda pendapat tentang mendefinisikan arti kebahagiaan itu sendiri. Ada beberapa orang yang mendefinisikan kebahagiaan adalah sesuatu hal indah yang terjadi ketika ia berhasil mewujudkan dan menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Sedangkan arti kebahagiaan menurut saya ialah ketika Saya berada di tengah-tengah orang yang tersayang, memastikan mereka baik-baik saja. Tak masalah sama sekali meskipun ditengah kekurangan maupun segala keterbatasan dalam menjalaninya.

Segalanya memerlukan uang, tapi uang bukanlah segalanya. Masih banyak yang bisa kita kerjakan meskipun kita tidak punya uang. It is not all about the money. Kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang, itu intinya.

Bagaimana pendapat Anda tentang kebahagiaan? :-)

7 komentar:

  1. Bener bnget mas...arti kebahagiaan itu luas..tapi bukan dengan materi ^^

    BalasHapus
  2. @Bayu Setiawan : ya, intinya memang seperti itu,
    makasih kunjungannya kawan :)

    BalasHapus
  3. BAHAGIA itu menerima apa adanya, hati tenang, pikiran tenang, n gak mnyesalisgla ssuatu yg ada. heeee

    BalasHapus
  4. @ventola : setuju sob.. :)

    terimakasih kunjungannya kawan..

    BalasHapus
  5. Kebahagiaan berbeda dengan kesenangan.
    Kesenangan adalah kesukaan dilayani
    Kebahagiaan adalah kesukaan melayani

    BalasHapus
  6. @Azhar: masukan yang menarik, bertambah lagi wawasan aku berkat abang.. makasih ya^^

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^