Jumat, 17 Februari 2012

Kota Hujan


Ada satu kota di Indonesia yang mempunyai julukan yang unik  yakni kota Bogor. Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini terkenal dengan julukannya sebagai ‘Kota Hujan’.  Asal mula pemberian julukan tersebut mungkin dikarenakan cuaca di Bogor itu sendiri yang sering hujan.

Tapi faktanya memang begitu. Apa lagi sekarang ini, hampir tiap hari hujan terus. Ada teman Saya dari kota lain bertanya heran kepada Saya tentang bagaimana kalau saat kita menjemur pakaian apakah itu akan kering atau tidak dikarenakan cuaca disini yang sering hujan.

Saya pun menjawab kepada dia, “pasti kering, wong hujannya kan ga seharian”.

Jam tayang antara hujan dan cerah hampir selalu berimbang sehingga untuk pakaian yang dijemur pun bisa kering. Namun jika sudah datang ‘gilanya’, kota Bogor bisa hujan sampai seharian. Hujan yang berlangsung seharian itu sering menyebabkan banjir, efek yang paling terasa mungkin dialami oleh warga Jakarta yang sering menuding bahwa mereka mendapat banjir kiriman dari Bogor.

Hujan deras yang disertai petir yang menyambar-nyambar (menurut saya) menempati urutan kedua keadaan yang paling mengerikan di kota Bogor setelah fenomena sejuta angkot yang ada di kota tersebut. Kalau boleh berpendapat, Saya rasa petir yang ada di Indonesia itu merupakan petir yang terganas di dunia. Bagaimana tidak, intensitas petir di Indonesa ketika hujan sangat besar. Ini yang bisa dijadiakan salah satu fakta penguat pendapat Saya tadi. Namun yang tidak sependapat dengan Saya juga tidak apa-apa, jangan menggerutu, apalagi sampai marah. Santai kawan …

Jika kawan suatu saat berkunjung ke Bogor saran Saya hanya satu, yakni selalu always membawa payung. Dikarenakan cuaca di Bogor sangat tidak konsisten. Anda jangan sampai tertipu hanya karena pagi atau siangnya terik sekali sehingga anda pikir anda tidak perlu membawa payung. Padahal itu sangat berguna sekali.

Salah satu tempat yang paling Saya rekomendasikan sekali buat kawan semua jika suatu saat Anda berekreasi ke sini ialah Kebun Raya Bogor(Bogor Botanical Garden), suatu hutan yang terletak di tengah-tengah kota Bogor. Bisa diibaratkan seperti ini, belum bisa dikatakan anda pernah ke Bogor jika tidak mengunjungi tempat tersebut.

Salam.

5 komentar:

  1. keren gan..
    skalian gan..
    masukin link blog ane di blog sahabat agan...
    :)

    BalasHapus
  2. @nehemia : makasih gan udah mau mampir..
    sip, link ane juga masukin di blog agan y :)

    BalasHapus
  3. Apa bener sampe sekarang bogor kota yang paling sering hujan?
    Soalnya w seneng banget ama hujan.
    Jadi pengen tinggal disitu

    BalasHapus
  4. kalo sekarang sudah tidak menentu gan.. mungkin karena efek pemanasan global kali ya?

    tapi masih tetep suka hujan koq gan, kemaraunya juga ga parah2 amat .. :)

    BalasHapus
  5. Uniknya Hujan lokal dibogor, kadang membuat aku bingung?

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^