Sabtu, 18 Februari 2012

Jendela Hati


Mata adalah jendela hati. Ungkapan unik tersebut pertama kali saya dengar ketika tengah menyaksikan sebuah film yang saya lupa judulnya apa. Di film tersebut salah seorang pemainnya mengatakan seperti ini: “Kamu tak perlu berpura-pura, sadarkah kau bahwa matamu telah mengatakan segalanya. Mata adalah jendela hati, ia dapat mengatakan hal sebenarnya meski kau coba berbohong sekalipun”.

Saya sempat terpukau beberapa saat sebelum kemudian akhirnya tersadar ketika untuk pertamakali mendengar ungkapan tersebut. Seketika saya teringat kembali akan peristiwa saat jam mata kuliah berlangsung di sebuah perguruan tinggi yang pernah saya ikuti.

Ketika itu sebelum jam mata kuliah tersebut berlangsung, secara kebetulan di kampus tersebut diadakan razia terhadap mahasiswa dan mahasiswi yang membawa handphone. Sekedar informasi, kampus kami unik karena menerapkan peraturan laiknya jaman SMA dulu. Pada razia tersebut ada dua teman Saya yang terjaring razia karena kedapatan membawa handphone di lokernya.

Selepas itu tibalah kami pada jam mata kuliah yang saya maksud tadi. Di tengah-tengah berlangsungnya jam mata kuliah, sang dosen bertanya kepada kami tentang adakah mahasiswa di kelas kami yang terjaring razia. Kami pun hanya menjawab jumlah orang yang terjaring razia saja tanpa menyebutkan nama teman kami tersebut.

Sang dosen pun penasaran dengan menanyakan nama teman kami tersebut. Kami dengan tidak enak hati pun hanya bisa diam membisu, namun tanpa kami sadari mata kami melirik ke arah teman kami tersebut seolah-olah menunjuk  bahwa merekalah orangnya.

Melihat gelagat aneh itu pun sang dosen hanya bisa tersenyum. Dengan bijak ia berkata: “Mata adalah jendela hati. Kalian sadar nggak sih ketika diam tadi mata kalian tersebut melirik ke arah teman kalian seolah-olah memberitahu kepada saya bahwa dia lah orangnya? Tanpa perlu bertanya lagi saya sudah tahu orangnya berkat mata kalian”

Dari pertemuan singkat itu saya belajar banyak sekali tentang arti sebuah kejujuran. Sebagaimana pun kita berusaha untuk menyembunyikan sebuah kebohongan, ada bagian dari tubuh kita yang tidak bisa diajak kompromi untuk berbohong yaitu mata. Mata adalah jendela hati. Ya, mata seperti jendela terbuka yang apabila kita lihat kedalamnya maka akan nampaklah isi hati dari sang pemilik mata tersebut.

Semoga bermanfaat. Salam^^

6 komentar:

  1. Mata itu adalah alat berbicara yang lain dari tubuh kita
    jadi kita bisa tau kejujuran atau kebohongan dari tatapan mata

    BalasHapus
  2. siippp....haha.....emang siapa? yang membawa hp tu?

    BalasHapus
  3. @Bayu Setiawan: betul tuh sob.. dengan ngeliat mata aja kita udah tau dia lagi berbohong atau gak.. alangkah istimewanya mata kita tersebut ya^^

    BalasHapus
  4. @Gama wijaya: nama dirahasiakan sesuai kode etik jurnalistik ... :D

    BalasHapus
  5. mata adalah jendela hati.. kalimat yang bagus :)

    BalasHapus
  6. @flanoids : terimakasih kawan :)

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^