Rabu, 07 Desember 2011

Permintaan Maaf Belanda




Ketika sedang asyik surfing di internet, secara tidak sengaja Saya menemukan berita ini di VOA News , tertanggal  06 Desember 2011 dengan judul : "Belanda akan Minta Maaf atas Pembantaian di Indonesia Tahun 1947"


Isi beritanya menarik sekali (menurut Saya),Sebenarnya niat mereka baik sekali dalam rangka mempererat hubungan diplomatis Indonesia - Belanda, mengakui kesalahan serta meminta maaf itu tindakan yang ksatria dan pantas diberikan apresiasi  namun yang sungguh disayangkan ialah mengapa mereka (Belanda) baru meminta maafnya sekarang? apa perlu selama itu (kurang lebih 64 tahun) untuk menyampaikan permintaan maaf secara resmi kepada rakyat Indonesia?

Dan menurut Saya, sebuah ucapan permintaan maaf dan pidato dari kedutaan besar Belanda  tidak cukup untuk membayar atas perlakuan keji mereka terhadap Bangsa ini. Butuh sebuah tindakan nyata yang mengekpresikan kesungguhan mereka untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan mereka, seperti tidak hanya memberi santunan tapi juga menjamin kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga korban pembantaian tersebut.


Semoga dengan niat baik Belanda ini minimal setidaknya bisa menutup episode sulit dalam kehidupan para anggota keluarga korban pembantaian tersebut serta dapat menghapus duka serta trauma yang mendalam dari dalam diri mereka. Serta semoga kita dapat memetik hikmah atas apa yang terjadi terhadap bangsa ini di masa lampau agar potret buram sejarah kita tidak akan terulang lagi dimasa mendatang. :)

2 komentar:

  1. dia minta maafnya gimana ?
    minta maafnya sama siapa bro?

    BalasHapus
  2. minta maafnya di depan keluarga korban RAWAGEDE sob...
    caranya aneh aja.. cuma dengan pidato dan uang santunan... :)

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^