Senin, 19 Desember 2011

Jepang Nyatakan PLTN Fukushima Stabil

Gambar ketika kota Nagasaki dijatuhi bom atom
hmmm ... 
Saya tidak begitu terkejut ketika melihat artikel berita dengan judul tersebut yang dimuat di situs VOA tertanggal 16 Desember 2011, mengapa demikian? karena menurut pengamatan saya Jepang adalah sebuah negara yang walaupun luas wilayahnya kecil mereka mampu menjadi sebuah negara yang memegang kendali dalam hal teknologi khususnya bidang komunikasi, robotika dan permesinan. Hal tersebut tidak secara instan didapatkan oleh Jepang, sebelumnya pada tanggal 6 Agustus 1945 dan 9 Agustus 1945 mereka mendapatkan serangan nuklir pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang pernah terjadi di dunia menyusul 'ulah' mereka sendiri yang menyerang pakalan laut milik Amerika Serikat yang bernama Pearl Harbour.


Pemboman dengan menggunakan Bom Atom yang dikenang sebagai sejarah besar peperangan dan penderitaan besar rakyat jepang atas kesalahan dua kubu yang saling berperang mempertahankan prinsip politik mereka. Bom Atom telah meluluh lantakkan kedua kota itu hingga mengalami penderitaan yang panjang dari generasi ke generasi akibat radiasi kimia yang diturunkan lewat genetika. Pemboman itu mengakibatkan kehancuran yang merata di daerah itu.


Bagaimana sikap Tenoheika (Kaisar Jepang), waktu Hiroshima dan Nagasaki di Bom!?
Kaisar mengatakan: “kita harus berhenti melawan Amerika, karena pemboman itu, bukan perang, Itu adalah kejahatan kemanusiaan”

Kota Nagasaki saat ini 
Kemudian pasca tragedi yang masih menyisakan trauma hingga saat ini pun Jepang menjelma menjadi negara yang maju, Jepang membutuhkan waktu sekitar kurang dari belasan tahun untuk menjadi negara seperti ini yang notabene menjadi kekuatan ekonomi terbesar nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak heran ketika tragedi gempa & tsunami bulan maret  lalu yang melanda Jepang hingga merusakkan fasilitas nuklir negara tersebut yakni PLTN Fukushima bisa cepat diperbaiki dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.


Rahasia Sukses Jepang

Berikut ini adalah rahasia sukses sukses Jepang menurut pandangan saya:


1. Penerapan prinsip Kaizen


    "Kaizen" berarti "perbaikan terus-menerus", sedangkan "teian" artinya "sistem". Jadi, Kaizen Teian artinya sistem perusahaan yang luas untuk perbaikan terus menerus sehingga bisa membawa nafas baru dalam setiap perusahaan/organisasiDalam menerapkan Kaizen, para pemimpin perusahaan/organisasi di Jepang berpegang pada dua prinsip. Pertama, perlu proses atau cara kerja yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan proses atau cara kerja demikian, kita bisa bekerja lebih cekatan (bukan bekerja lebih berat). Untuk mendapatkan proses yang baik, para pemimpin perusahaan perlu mengetahui sumber masalah-masalah, kemudian meminta ide/gagasan/solusi dari semua karyawannya. Bagaimanapun juga, merekalah yang menjalani pekerjaan sehari-hari/dekat dengan pekerjaannya. Biasanya, solusi terbaik adalah solusi yang paling sederhana, logis, dan mudah dilaksanakan.
Kedua, memilih gagasan-gagasan yang bisa dilaksanakan, "mengeksekusinya", dan bersabar menunggu hasilnya.

Tahukah Anda, perusahaan otomotif raksasa, Toyota, menerima 2 juta ide per tahun, dari para karyawannya! Sebanyak 80% berhasil dilaksanakan. Ternyata, satu perbaikan kecil dapat menghasilkan akibat yang besar! Waktu dan uang dapat dihemat. Para karyawan pun semakin bersemangat kerja, karena mereka melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan.


2. Semangat Bushido
    
    Semangat Busido adalah semangat yang dimiliki bangsa Jepang dalam melakukan setiap pekerjaannya seperti semangat militer. Kedisilinan adalah hal yang sangat diutamakan dalam menciptakan etos kerja dalam manajemen perusahaan Jepang. Filosofi Bushido selalu diterapkan dalam setiap kinerja perusahaan. Bushido memberikan semangat pantang menyerah berusaha keras dalam pencapaian tujuan.


3. Karakteristik Orang Jepang


   Karakteristik yang dimiliki orang jepang khususnya para pekerjanya pun sedikit banyak mempengaruhi kesuksesan negara tersebut dalam mencapai kesuksesan. Berikut ini adalah karakteristik orang Jepang menurut Saya :

  • Jujur
  • Ingin bermanfaat
  • semangat mencipta
  • Rendah Hati
  • Berterimakasih
  • Disiplin
  • Teliti
  • Kebersamaan yang kuat



15 komentar:

  1. info yang menarik, baik untuk referensi tugas-tugas Saya ... :)

    BalasHapus
  2. terimakasih .... semoga bisa bermanfaat buat kita semuanya ya .. amiiien.. :)

    BalasHapus
  3. pengin kaya orang jepang

    BalasHapus
  4. pingin kaya orang jepang?
    hmm .. sah-sah aja sih ... tapi alangkah baiknya kalau kita saat ini bersyukur serta berjanji untuk bisa berbuat lebih baik lagi daripada mereka (Jepang) agar bangsa ini bisa bangkit dari keterpurukan serta tidur yang panjang ini :)

    BalasHapus
  5. setelah pemboman itu ada satu hal yang langsung dipertanyakan pada bawahannya: "berapa orang guru guru kita yang masih hidup".. kalo negara mau maju, upayakan dulu mengadakan sdm guru yang berkualitas..

    BalasHapus
  6. yap, betul banget ...
    kapan ya Indonesia punya pemimpin dengan karakteristik kepemimpinan seperti itu ?

    [*jangancumamimpi* hehehe ...]

    BalasHapus
  7. Kemajuan suatu bangsa hadir bila para petinggi pemerintahan perduli dengan nasib para pemuda, karena yang akan melanjutkan kemajuan bukan mereka yang duduk diDPR atau MPR tapi mereka yang sedang duduk dibangku TK dan SD disana, lindungilah para penurus dengan mendidik jujur agar kemajuan dapat tercipta. !!

    Just Opinion

    BalasHapus
  8. I agree with your opinion ... :)

    BalasHapus
  9. nice posting,,,, :-)
    keep blogging,,

    BalasHapus
  10. terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya kawan ... :)

    BalasHapus
  11. nice info :D

    BalasHapus

Bagi yang sudah berkunjung silakan jangan lupa isi komentarnya disini...
Terimakasih^^