Selasa, 20 Desember 2011

Salahkah Jika Aku adalah seorang Life Observer ??

Lagi Belajar nulis nih ....mohon dimaklumi kalo isi tulisannya agak gak nyambung... hohoho :p... enaknya nulis apa ya? hmmm... Oh iya, wanna talk about my personality ah ..
begini ceritanya:
 *siap2 sehabis baca tulisan ini besoknya pergi ke dokter spesialis mata, periksakanlah mata anda takutnya ada efek samping yang merugikan mata Anda karena tulisan yang aneh..... [lebay mode: on] *

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sewaktu belum mengenyam bangku sekolah, Saya merasa hidup Saya (khususnya pergaulan) itu biasa-biasa saja. Ketika itu Saya tidak mau bahkan cenderung takut untuk menjadi bahan sorotan/pusat perhatian oleh teman2 sepermainan. Ketika kami sedang bermain, Saya pun kalau tidak mencari posisi aman agar tidak terlalu aktif, lebih memilih untuk menjadi penonton saja.

Kebiasaan itu berlanjut ketika Saya mulai duduk di bangku sekolah, Saya tergolong orang yang tidak terlalu aktif, ya bisa dikatakan Saya itu pendiam. Namun ternyata ada sebagian orang khususnya teman2 sekelas Saya (sewaktu SMP) yang agak sedikit terganggu atas sikap Saya ini. Pernah suatu ketika mereka curhat kepada wali kelas kami. Mereka mengadu kepada beliau, mereka menganggap Saya itu jutek, judes, sombong.. Waktu itu sih Saya masa bodoh, cuek, bodo amat ada yang mikir kayak gitu juga toh Saya enggak ngerugiin mereka, ya ga?

Eh tapi lambat laun ada satu kejadian yang bikin Saya marah banget. Kebayang gak sih rasanya dipanggil dengan nama 'Si Bisu' ? Ketika pertama kali ngedengernya aja sontak Saya langsung kaget. Saya samperin orangnya, langsung Saya sikat... B-)

nah terus hubungannya dengan judul posting ini apa?


begini... Saya sadari bahwa Saya adalah seorang Life Observer, Seorang yang senang mengamati keadaan, karakteristik orang sekitar. Hal itu ditunjang dengan kepribadian Saya yang (setelah dilakukan serangkaian tes dan ujicoba bahwa hasilnya adalah... ) Phlegmatis. Perlu Anda ketahui bahwa orang yang memiliki kepribadian phlegmatis memiliki salah satu sifat unik yang tidak dimiki oleh kepribadian yang lain (seperti melankolis, sanguinis, dan koleris) yakni selalu always menjadi pendengar yang baik. Jangan sekali-kali meremehkan orang (termasuk saya) yang memiliki kebiasaan unik ini. Berpedoman dengan moto salah satu perusahaan asuransi terkemuka yg berbunyi sperti  ini: 'always listening, always understanding' , orang-orang berkepribadian phlegmatis sangat mengahrgai ketika orang sedang berbicara .. mereka tidak sekedar hanya mendengarkan belaka namun juga memahami apa yang sedang dibicarakan...

Yang perlu diluruskan disini ialah bahwa jangan sekali-kali kita itu menilai hanya dari penampilan luar seseorang seperti kata peribahasa yang sering diucapkan oleh tukul arwana yg kurang lebih seperti ini: "Don't judge a book at the cover" 
Karena bahwa dikhawatirkan tindakan seperti itu hanya akan mengganggu ketertiban umum serta terjadinya permusuhan dan perpecahan diantara kita. Saran saya ialah biarkanlah seseorang bertindak/berperilaku selama itu tidak merugikan kita. Toh, kita sudah sama-sama tahu dan setuju bahwa bangsa ini menghargai betul adannya perbedaan yang tercermin dalam semboyan negara ini "Bhinneka Tunggal Ika" 

akhir kata, wassalam .... B-)


NB: Thanks for visited my Blog

Senin, 19 Desember 2011

Jepang Nyatakan PLTN Fukushima Stabil

Gambar ketika kota Nagasaki dijatuhi bom atom
hmmm ... 
Saya tidak begitu terkejut ketika melihat artikel berita dengan judul tersebut yang dimuat di situs VOA tertanggal 16 Desember 2011, mengapa demikian? karena menurut pengamatan saya Jepang adalah sebuah negara yang walaupun luas wilayahnya kecil mereka mampu menjadi sebuah negara yang memegang kendali dalam hal teknologi khususnya bidang komunikasi, robotika dan permesinan. Hal tersebut tidak secara instan didapatkan oleh Jepang, sebelumnya pada tanggal 6 Agustus 1945 dan 9 Agustus 1945 mereka mendapatkan serangan nuklir pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang pernah terjadi di dunia menyusul 'ulah' mereka sendiri yang menyerang pakalan laut milik Amerika Serikat yang bernama Pearl Harbour.


Pemboman dengan menggunakan Bom Atom yang dikenang sebagai sejarah besar peperangan dan penderitaan besar rakyat jepang atas kesalahan dua kubu yang saling berperang mempertahankan prinsip politik mereka. Bom Atom telah meluluh lantakkan kedua kota itu hingga mengalami penderitaan yang panjang dari generasi ke generasi akibat radiasi kimia yang diturunkan lewat genetika. Pemboman itu mengakibatkan kehancuran yang merata di daerah itu.


Bagaimana sikap Tenoheika (Kaisar Jepang), waktu Hiroshima dan Nagasaki di Bom!?
Kaisar mengatakan: “kita harus berhenti melawan Amerika, karena pemboman itu, bukan perang, Itu adalah kejahatan kemanusiaan”

Kota Nagasaki saat ini 
Kemudian pasca tragedi yang masih menyisakan trauma hingga saat ini pun Jepang menjelma menjadi negara yang maju, Jepang membutuhkan waktu sekitar kurang dari belasan tahun untuk menjadi negara seperti ini yang notabene menjadi kekuatan ekonomi terbesar nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak heran ketika tragedi gempa & tsunami bulan maret  lalu yang melanda Jepang hingga merusakkan fasilitas nuklir negara tersebut yakni PLTN Fukushima bisa cepat diperbaiki dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.


Rahasia Sukses Jepang

Berikut ini adalah rahasia sukses sukses Jepang menurut pandangan saya:


1. Penerapan prinsip Kaizen


    "Kaizen" berarti "perbaikan terus-menerus", sedangkan "teian" artinya "sistem". Jadi, Kaizen Teian artinya sistem perusahaan yang luas untuk perbaikan terus menerus sehingga bisa membawa nafas baru dalam setiap perusahaan/organisasiDalam menerapkan Kaizen, para pemimpin perusahaan/organisasi di Jepang berpegang pada dua prinsip. Pertama, perlu proses atau cara kerja yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan proses atau cara kerja demikian, kita bisa bekerja lebih cekatan (bukan bekerja lebih berat). Untuk mendapatkan proses yang baik, para pemimpin perusahaan perlu mengetahui sumber masalah-masalah, kemudian meminta ide/gagasan/solusi dari semua karyawannya. Bagaimanapun juga, merekalah yang menjalani pekerjaan sehari-hari/dekat dengan pekerjaannya. Biasanya, solusi terbaik adalah solusi yang paling sederhana, logis, dan mudah dilaksanakan.
Kedua, memilih gagasan-gagasan yang bisa dilaksanakan, "mengeksekusinya", dan bersabar menunggu hasilnya.

Tahukah Anda, perusahaan otomotif raksasa, Toyota, menerima 2 juta ide per tahun, dari para karyawannya! Sebanyak 80% berhasil dilaksanakan. Ternyata, satu perbaikan kecil dapat menghasilkan akibat yang besar! Waktu dan uang dapat dihemat. Para karyawan pun semakin bersemangat kerja, karena mereka melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan.


2. Semangat Bushido
    
    Semangat Busido adalah semangat yang dimiliki bangsa Jepang dalam melakukan setiap pekerjaannya seperti semangat militer. Kedisilinan adalah hal yang sangat diutamakan dalam menciptakan etos kerja dalam manajemen perusahaan Jepang. Filosofi Bushido selalu diterapkan dalam setiap kinerja perusahaan. Bushido memberikan semangat pantang menyerah berusaha keras dalam pencapaian tujuan.


3. Karakteristik Orang Jepang


   Karakteristik yang dimiliki orang jepang khususnya para pekerjanya pun sedikit banyak mempengaruhi kesuksesan negara tersebut dalam mencapai kesuksesan. Berikut ini adalah karakteristik orang Jepang menurut Saya :

  • Jujur
  • Ingin bermanfaat
  • semangat mencipta
  • Rendah Hati
  • Berterimakasih
  • Disiplin
  • Teliti
  • Kebersamaan yang kuat



Kamis, 08 Desember 2011

Karena Dianggap Menghina Keluarga Raja, Seorang Blogger Dipenjara

Lerpong Wichaikhammat, yang kemudian berganti nama menjadi Joe Gordon, setibanya di pengadilan kriminal Bangkok (8/12)


"Warga Amerika kelahiran Thailand yang berusia 55 tahun, Joe Gordon, dituduh menghina keluarga raja Thailand dengan menerjemahkan dan memuat kutipan dari riwayat hidup Raja Bhumibol Aduljadej, yang dilarang di Thailand." berita selengkapnya ...


Berita di atas bukan hal yang aneh lagi menurut saya, kenapa? karena di jaman yang serba canggih yang mendukung teknologi dalam hal kecepatan penyampaian serta penyebaran informasi ini, memungkinkan banyak orang untuk berkreasi tanpa batas. Keuntungan dengan adanya kecanggihan teknologi ini seharusnya dimanfaatkan untuk kegiatan atau hal-hal yang positif.


Kita memang memiliki hak kebebasan dalam berbicara, namun yang seringkali kurang diperhatikan adalah tata caranya. Dalam setiap profesi selalu ada kode etik sebagai bahan acuan mereka dalam bekerja, pun demikian dengan mengungkapkan kebebasan dalam berbicara, kita juga perlu memperhatikan kode etiknya pula seperti tidak menggunakan kata-kata kotor, menulis kata-kata yang berbau SARA, dan sebagainya.


Kemudian yang paling penting adalah kita harus berfikir bagaimana atau dampak apa yang ditimbulkan dari tulisan kita, apakah nantinya akan memancing terciptanya opini publik?, atau apakah tulisan kita merugikan orang lain?. Karena kadang kala hak kita itu sering sekali bersinggungan dengan hak orang lain maka berfikirlah sebelum membuat tulisan (think before posting).


Semoga dengan kejadian ini, membuat kita sadar akan batasan-batasan dalam mengungkapkan ekspresi kita akan sesuatu serta menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dalam mengambil tindakan, bijak dalam hal mengambil keputusan, dan sehat dalam berfikir.







Hasil Riset: Oksigen dalam Lapisan Inti Luar Bumi Lebih Sedikit dari Perkiraan

Temuan ini berarti elemen Oksigen kemungkinan hanya berperan kecil dalam pembentukan planet Bumi sekitar 4,5 miliar tahun lalu.
Foto: ASSOCIATED PRESS
Foto lapisan bumi yang dihasilkan oleh alat untuk pemonitor ozon milik NASA (foto: dok). Hasil penelitian terbaru menemukan lapisan oksigen di lapisan inti luar Bumi lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Inti besi didalam Bumi memiliki dua lapisan – inti bagian dalam yang dikelilingi lapisan cair di bagian luarnya. Secara bersama, kedua lapisan inti itu menggerakkan bidang magnet yang melindungi Bumi dari radiasi matahari yang mematikan.
Meskipun kebanyakan ilmuwan setuju bahwa besi – dan sejumlah elemen nikel – merupakan isi utama dari inti Bumi, mereka masih berbeda pendapat mengenai identitas dan jumlah elemen-elemen yang lebih ringan dari besi yang mengisi 10 persen sisanya.
Pusat inti Bumi berada lebih dari 6.300 kilometer dibawah permukaan, dan itu sebabnya tidak mungkin bagi para ilmuwan untuk mengambil sampel langsung. Mereka harus bergantung pada metode pengujian tidak langsung untuk mengidentifikasi dan mengukur jumlah elemen ringan didalam lapisan cair inti.
Para ilmuwan sudah lama berbeda pendapat mengenai berapa banyak Oksigen di dalam 10 persen sisa itu, tetapi kini sebuah tim ilmuwan di Amerika dan Tiongkok yakin telah mendapatkan jawaban pasti.
Tim itu melakukan uji laboratorium dan tes kepadatan atas dua sampel elemen yang sebagian besar terdiri dari besi, tetapi masing-masing dengan konsentrasi oksigen yang berbeda. Mereka mengatakan hasil tes, disertai data-data lain, menunjukkan sampel dengan tingkat oksigen rendah paling mirip dengan yang diamati jauh di dalam Bumi.
Ilmuwan di berbagai bidang bersemangat mencari detil-detil baru mengenai komposisi ilmiah dari inti Bumi. Ini karena hasil penelitian ini bisa menjadi petunjuk mengenai kondisi lingkungan miliaran tahun lalu, yaitu saat planet-planet berevolusi dari kumpulan awan gas dan debu yang tertinggal dari proses pembentukan matahari.

Sumber :VOA News


Rabu, 07 Desember 2011

Permintaan Maaf Belanda




Ketika sedang asyik surfing di internet, secara tidak sengaja Saya menemukan berita ini di VOA News , tertanggal  06 Desember 2011 dengan judul : "Belanda akan Minta Maaf atas Pembantaian di Indonesia Tahun 1947"


Isi beritanya menarik sekali (menurut Saya),Sebenarnya niat mereka baik sekali dalam rangka mempererat hubungan diplomatis Indonesia - Belanda, mengakui kesalahan serta meminta maaf itu tindakan yang ksatria dan pantas diberikan apresiasi  namun yang sungguh disayangkan ialah mengapa mereka (Belanda) baru meminta maafnya sekarang? apa perlu selama itu (kurang lebih 64 tahun) untuk menyampaikan permintaan maaf secara resmi kepada rakyat Indonesia?

Dan menurut Saya, sebuah ucapan permintaan maaf dan pidato dari kedutaan besar Belanda  tidak cukup untuk membayar atas perlakuan keji mereka terhadap Bangsa ini. Butuh sebuah tindakan nyata yang mengekpresikan kesungguhan mereka untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan mereka, seperti tidak hanya memberi santunan tapi juga menjamin kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga korban pembantaian tersebut.


Semoga dengan niat baik Belanda ini minimal setidaknya bisa menutup episode sulit dalam kehidupan para anggota keluarga korban pembantaian tersebut serta dapat menghapus duka serta trauma yang mendalam dari dalam diri mereka. Serta semoga kita dapat memetik hikmah atas apa yang terjadi terhadap bangsa ini di masa lampau agar potret buram sejarah kita tidak akan terulang lagi dimasa mendatang. :)

Misteri OS BlackBerry Terbaru Akhirnya Terungkap







SINGAPURA - Kabar mengenai kesimpang-siuran sistem operasi (OS) terbaru BlackBerry akhirnya terungkap secara gamblang di ajang DevCon Asia 2011. Ini merupakan OS masa depan bagi BlackBerry dan disiapkan untuk menghadapi persaingan dengan platform lain.

Research in Motion (RIM) akhirnya membeberkan secara gamblang mengenai OS terbaru BlackBerry saat pembukaan acara DevCon Asia 2011. Sebenarnya informasi mengenai BlackBerry 10 sudah mulai diinformasikan di ajang DevCon Amerika Serikat (AS) pada 18-20 Oktober 2011.

Menurut George Staikos, VP Web Technologies RIM sebenarnya platform terbaru ini mulai dirilis di ajang DevCon AS yang diselenggarakan di San Francisco.

Menurut Staikos, OS platform BlackBerry 10 memiliki 3 pilar utama, atara lain di sisi sistem operasinya, penerapan teknologi baru dan penggunaan aplikasi yang bisa lintas platform. OS terbaru kali ini bersifat open source, sehingga memudahkan pengguna ketika mengunduh aplikasi yang mereka butuhkan.

"BlackBerry 10 merupakan OS yang bisa digunakan tidak hanya untuk perangkat smartphone, tapi juga bisa digunakan untuk tablet BlackBerry (PlayBook). Selain itu, kami juga akan mengembangkan teknologi cloud service yang nantinya dapat memberikan pengguna kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan data pribadi mereka di perangkat BlackBerry," ujar Staikos, di Suntec Covenvention Centre, Singapura, Rabu (7/12/2011).

Tidak hanya itu, penggunaan HTML 5 pada OS terbaru RIM kali ini juga akan ditingkatkan, sehingga akan lebih cepat ketika melakukan browsing dan akan menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi para pelanggan. Generasi terbaru dari OS BlackBerry yang dipadukan dengan pengembang aplikasi, akan membentuk sebuah kekuatan baru bagi BlackBerry.

Tentunya kekuatan baru ini ditujukan untuk bersaing dengan platform yang saat ini sedang populer, yakni Android dan iOS. Bahkan beberapa aplikasi Android kini juga bisa berjalan di OS BlackBerry (khusus PlayBook).



Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/12/07/325/539445/misteri-os-blackberry-terbaru-akhirnya-terungkap

Selasa, 06 Desember 2011

KEAJAIBAN AL QUR'AN



Abdurrazaq Nawfal, dalam Al-Ijaz Al-Adabiy li Al-Qur'an Al-Karim yang terdiri dari tiga jilid, mengemukakan sekian banyak contoh tentang keseimbangan dalam Al quran, yang dapat kita simpulkan secara sangat singkat sebagai berikut.


A. Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan antonimnya. Beberapa contoh, di antaranya:
·  Al-hayah (hidup) dan al-mawt (mati), masing-masing sebanyak 145 kali;
·  Al-naf' (manfaat) dan al-madharrah (mudarat), masing-masing sebanyak 50 kali;
·  Al-har (panas) dan al-bard (dingin), masing-masing 4 kali;
·  Al-shalihat (kebajikan) dan al-sayyi'at (keburukan), masing-masing 167 kali;
·  Al-Thumaninah (kelapangan/ketenangan) dan al-dhiq (kesempitan/kekesalan), masing-masing 13 kali;
·  Al-rahbah (cemas/takut) dan al-raghbah (harap/ingin), masing-masing 8 kali;
·  Al-kufr (kekufuran) dan al-iman (iman) dalam bentuk definite, masing-masing 17 kali;
·  Kufr (kekufuran) dan iman (iman) dalam bentuk indifinite, masing-masing 8 kali;
·  Al-shayf (musim panas) dan al-syita' (musim dingin), masing-masing 1 kali.

B. Keseimbangan jumlah bilangan kata dengan sinonimnya/makna yang dikandungnya.
·  Al-harts dan al-zira'ah (membajak/bertani), masing-masing 14 kali;
·  Al-'ushb dan al-dhurur (membanggakan diri/angkuh), masing-masing 27 kali;
·  Al-dhallun dan al-mawta (orang sesat/mati [jiwanya]), masing-masing 17 kali;
·  Al-Qur'an, al-wahyu dan Al-Islam (Al-Quran, wahyu dan Islam), masing-masing 70 kali;
·  Al-aql dan al-nur (akal dan cahaya), masing-masing 49 kali;
·  Al-jahr dan al-'alaniyah (nyata), masing-masing 16 kali.
C. Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan jumlah kata yang menunjuk kepada akibatnya.
·  Al-infaq (infak) dengan al-ridha (kerelaan), masing-masing 73 kali;
·  Al-bukhl (kekikiran) dengan al-hasarah (penyesalan), masing-masing 12 kali;
·  Al-kafirun (orang-orang kafir) dengan al-nar/al-ahraq (neraka/ pembakaran), masing-masing 154 kali;
·  Al-zakah (zakat/penyucian) dengan al-barakat (kebajikan yang banyak), masing-masing 32 kali;
·  Al-fahisyah (kekejian) dengan al-ghadhb (murka), masing-masing 26 kali.

D. Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan kata penyebabnya.
·  Al-israf (pemborosan) dengan al-sur'ah (ketergesa-gesaan), masing-masing 23 kali;
·  Al-maw'izhah (nasihat/petuah) dengan al-lisan (lidah), masing-masing 25 kali;
·  Al-asra (tawanan) dengan al-harb (perang), masing-masing 6 kali;
·  Al-salam (kedamaian) dengan al-thayyibat (kebajikan), masing-masing 60 kali.

E. Di samping keseimbangan-keseimbangan tersebut, ditemukan juga keseimbangan khusus.
(1) Kata yawm (hari) dalam bentuk tunggal sejumlah 365 kali, sebanyak hari-hari dalam setahun. Sedangkan kata hari yang menunjuk kepada bentuk plural (ayyam) atau dua (yawmayni), jumlah keseluruhannya hanya tiga puluh, sama dengan jumlah hari dalam sebulan. Disisi lain, kata yang berarti "bulan" (syahr) hanya terdapat dua belas kali, sama dengan jumlah bulan dalam setahun.
(2) Al-Quran menjelaskan bahwa langit ada "tujuh." Penjelasan ini diulanginya sebanyak tujuh kali pula, yakni dalam ayat-ayat Al-Baqarah 29, Al-Isra' 44, Al-Mu'minun 86, Fushshilat 12, Al-Thalaq 12, Al-Mulk 3, dan Nuh 15. Selain itu, penjelasannya tentang terciptanya langit dan bumi dalam enam hari dinyatakan pula dalam tujuh ayat.
(3) Kata-kata yang menunjuk kepada utusan Tuhan, baik rasul (rasul), atau nabiyy (nabi), atau basyir (pembawa berita gembira), atau nadzir (pemberi peringatan), keseluruhannya berjumlah 518 kali. Jumlah ini seimbang dengan jumlah penyebutan nama-nama nabi, rasul dan pembawa berita tersebut, yakni 518 kali.
(4)  Kata lautan (al bahar) disebutkan 32 kali sedangkan kata daratan (al bar) disebutkan 13 kali. Jika di jumlahkan perkataan yang berkaitan tentang "lautan" dan "daratan" adalah 45 perkataan. Seperti pengiraan berikut :
Lautan : 32/45 X 100% = 71.11111111%
Daratan : 13/45 X 100% = 28.88888888%
Kini telah kita ketahui peratusan bagi "Lautan" dan "Daratan" di dalam dunia ini sebagaimana yang di sebutkan di dalam kitab sici Al Quran.
(5)  [Quran 3:59]
Sesungguhnya persamaan "Isa" di sisi Allah seperti persamaan "Adam".
Kata "Isa" dan "Adam" sama-sama muncul 25 kali.

(6)  [Quran 7:176]
"anjing" dengan "kaum yang mendustakan ayat-ayat Kami" Maka persamaannya ialah :
bahwa "kaum yang mendustakan ayat-ayat Kami" (al-qawmul-ladzi_na kadz-dabu_ bi a_ya_tina_) dipersamakan/ diibaratkan kelakuannya seperti seekor
"anjing" (kalb). jika kamu menghalaunya, ia menjulurkan lidahnya, atau jika kamu membiarkannya, ia menjulurkan lidahnya juga."Anjing" (kalb) tertulis 5 kali sebagaimana kata "Kaum yang mendustakan ayat-ayat Kami" (al-qawmul-ladzi_na kadz-dabu_ bi a_ya_tina_) tertulis 5 kali juga
(7)  [Quran 29:41]
Persamaan "orang-orang yang mengambil untuk mereka wali-wali selain daripada Allah" (alladzi_nat-takhadzu_ mindu_nil-laahi), ialah seperti persamaan "laba-laba" (al-'ankabu_t). Laba-laba (al-'ankabu_t) tertulis 2 kali, "Orang-orang yang mengambil untuk mereka wali-wali selain daripada Allah" (alladzi_nat-takhadzu_ mindu_nil-laahi) tertulis 2 kali juga.

(8)  [Quran 62:5]
Persamaan "orang-orang yang dibebankan dengan Taurat",kemudian mereka tidak memikulnya adalah seperti persamaan "seekor keledai" yang memikul buku-buku yang tebal. "Keledai" (al-hima_r) dan "orang-orang yang dibebankan
dg taurat" (al-ladzi_na humilut-tawra_t) sama-sama muncul di ayat ini, yaitu hitungannya sama-sama satu kali muncul.

-- Berkaitan dengan pertidaksamaan matematik --

Dalam Quran, dijumpai hint tentang pertidaksamaan ketika ada ayat yang menyatakan "Adakah sama antara A dan B (hal yastawi_ A wa B?), sebagaimana ditemukan dalam beberapa ayat. Tentunya, kita akan berfikiran
bahwa tentu saja kemungkinan (probabilitas) ketidaksamaan jumlah antara A dan B adalah sangat besar, akan tetapi anehnya, jika kita temukan ayat yang menyatakan ketidaksamaan antara A dan B, diketahui bahwa perbedaan jumlah antara A dan B adalah TEPAT SATU.

Contoh:

[Quran 4:95]
Tidaklah sama antara "mu'min yang duduk [yang tidak ikut berperang] yang tidak mempunyai "uzur"" (al-qa_idu_n) dengan "orang-orang yang berjihad di
 jalan Allah" (al-muja_hidu_n) ...
Jumlah kemunculan (al-qa_idu_n) / (al-qa_idi_n) = 4
Jumlah kemunculan (al-muja_hidu_n) / (al-muja_hidi_n) = 3

[Quran 6:50]
.. Apakah sama "orang yang buta" (al-a'ma_) dengan "orang yang melihat" (al-bashi_r)? Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?

Jumlah kemunculan  (al-a'ma_)  = 8
Jumlah kemunculan (al-bashi_r) = 9

[Quran 13:16]
.. Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah "gelap gulita" (adz-dzuluma_t) dan "terang benderang" (an-nu_r) ...

Jumlah kemunculan (adz-dzuluma_t) = 14
Jumlah kemunculan  (an-nu_r)      = 13

Ada sedikit kejanggalan terhadap fenomena ini di Quran 5:100, yang dijelaskan sebagai berikut:

[Quran 5:100]
 .. :Tidak sama "yang buruk" (al-khabi_ts) dengan"yang baik" (at-thayyib), meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, ...

Catat akhir ayat di atas, bahwa:
"banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, ... "

Ternyata, jumlah kata (al-khabi_ts) dengan (at-thayyib" adalah SAMA, yaitu 7 kali kemunculan. Penjelasan dari kejanggalan ayat ini ditemukan di Quran 8:37 yang menyatakan:

[Quran 8:37]
Supaya Allah memisahkan yang buruk daripada yang baik, dan "supaya Dia meletakkan yang buruk, sebahagiannya di atas sebahagian yang lain", ...
Di ayat ini, dikatakan bahwa Dia meletakkan "yang buruk" (al-khabi_ts) sebahagian di atas sebahagian yang lainnya, sehingga jumlahnya seakan-akan bertambah (seakan-akan sama, yakni sama-sama muncul 7 kali).


Demikianlah sebagian dari hasil penelitian yang kita rangkum dan kelompokkan ke dalam bentuk seperti terlihat di atas.
Kedua adalah pemberitaan-pemberitaan gaibnya. Fir'aun, yang mengejar-ngejar Nabi Musa., diceritakan dalam surah Yunus. Pada ayat 92 surah itu, ditegaskan bahwa "Badan Fir'aun tersebut akan diselamatkan Tuhan untuk menjadi pelajaran generasi berikut." Tidak seorang pun mengetahui hal tersebut, karena hal itu telah terjadi sekitar 1200 tahun S.M. Nanti, pada awal abad ke-19, tepatnya pada tahun 1896, ahli purbakala Loret menemukan di Lembah Raja-raja Luxor Mesir, satu mumi, yang dari data-data sejarah terbukti bahwa ia adalah Fir'aun yang bernama Maniptah dan yang pernah mengejar Nabi Musa a.s. Selain itu, pada tanggal 8 Juli 1908, Elliot Smith mendapat izin dari pemerintah Mesir untuk membuka pembalut-pembalut Fir'aun tersebut. Apa yang ditemukannya adalah satu jasad utuh, seperti yang diberitakan oleh Al-Quran melalui Nabi yang ummiy (tak pandai membaca dan menulis itu). Mungkinkah ini?
Setiap orang yang pernah berkunjung ke Museum Kairo, akan dapat melihat Fir'aun tersebut. Terlalu banyak ragam serta peristiwa gaib yang telah diungkapkan Al-Quran dan yang tidak mungkin dikemukakan dalam kesempatan yang terbatas ini.
Ketiga, isyarat-isyarat ilmiahnya. Banyak sekah isyarat ilmiah yang ditemukan dalam Al-Quran. Misalnya diisyaratkannya bahwa "Cahaya matahari bersumber dari dirinya sendiri, sedang cahaya bulan adalah pantulan (dari cahaya matahari)" (perhatikan QS 10:5); atau bahwa jenis kelamin anak adalah hasil sperma pria, sedang wanita sekadar mengandung karena mereka hanya bagaikan "ladang" (QS 2:223); dan masih banyak lagi lainnya yang kesemuanya belum diketahui manusia kecuali pada abad-abad bahkan tahun-tahun terakhir ini. Dari manakah Muhammad mengetahuinya kalau bukan dari Dia, Allah Yang Maha Mengetahui!
Kesemua aspek tersebut tidak dimaksudkan kecuali menjadi bukti bahwa petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh Al-Quran adalah benar, sehingga dengan demikian manusia yakin serta secara tulus mengamalkan petunjuk-petunjuknya.

Jumat, 25 November 2011

Silsilah Hadits-Hadits Masyhur (yang sering diucapkan atau didengar)



Silsilah Hadits-Hadits Masyhur (yang sering diucapkan atau didengar)
Mukaddimah
Yang dimaksud dengan HADITS MASYHUR disini bukan sebagaimana definisinya di dalam Ilmu Mushthalah Hadits, yaitu hadits yang merupakan bagian dari hadits Ahad dan mata rantai periwayatnya dari jenjang pertama hingga terakhir (pengarang buku) berjumlah 3 sampai 9 orang pada setiap levelnya. Akan tetapi yang dimaksud disini adalah Hadits-hadits yang masyhur (tersohor) karena sering diucapkan oleh lisan atau sering didengar, terutama oleh para penceramah. Alias sudah menjadi buah bibir dan disampaikan dari mulut ke mulut.
Dalam hal ini, para ulama banyak yang menulis buku jenis ini karena sangat penting sekali diketahui oleh umat. Hadit-hadits yang ada di dalamnya bervariasi baik dari aspek kualitas maupun tema dimana ia sering dibicarakan orang dan didengar. Masalahnya, ketika seseorang mengucapkannya atau menukilnya, dia seakan mengatasnamakan Rasulullah alias bahwa ia adalah sabda beliau.
Tentu saja, hal ini amat berbahaya bagi umat karenanya para ulama hadits mengantisipasinya dengan mengarang buku jenis ini hingga dapat memudahkan umat di dalam mencari hadits-hadits yang kira-kira sering diucapkan dan didengar tersebut, terkadang menyatakan kualitasnya.
HADITS PERTAMA

1. أَبْرِدُوْا بِالطَّعَامِ فَإِنَّ الْحَارَّ لاَ بَرَكَةَ فِيْهِ

“Dinginkanlah makanan, sebab (makanan) yang panas itu tidak ada berkahnya”
SUMBER HADITS:
Hadits tersebut diriwayatkan oleh ad-Daylamy dari Ibnu ‘Umar
KUALITAS HADITS:

Ini adalah ‘HADITS DLA’ÎF’ (Lemah)

Tentang kelemahan hadits ini juga disebutkan di dalam buku-buku berikut:
1. al-Maqâshid al-Hasanah Fî Bayân Katsîr Min al-Ahâdîts al-Musytahirah ‘Alâ al-Alsinah, karya Imam as-Sakhâwy, hal. 11
2. Tamyîz ath-Thayyib min al-Khabîts Fî m6a yadûru ‘alâ Alsinah an-Nâs Min al-Hadîts, karya ‘Abdurrahman bin ‘Aly bin ad-Dîba’, hal. 5
3. Kasyf al-Khafâ’ wa Muzîl al-Ilbâs ‘Ammâ Isytahara Min al-Ahâdîts ‘Alâ Alsinah an-Nâs, karya al-‘Ajlûny, Jld I, hal. 28
4. Dla’îf al-Jâmi’ wa Ziyâdatuhu, karya Syaikh al-Albany, no. 37
TEMA HADITS:
Ada sementara orang yang memberikan nasehat agar jangan melumat makanan yang masih panas tetapi perlu ditunggu dulu hingga adem/dingin sehingga tidak membahayakan.
Bila sebatas alasan tersebut, maka tidak ada masalah selama tidak menggunakan hadits diatas sebagai dalilnya trus meyakininya. Realitasnya, ada sementara orang pula yang berdalih dengan hadits diatas bahwa makanan yang panas itu tidak memiliki BERKAH padahal kualitas hadits tersebut ‘DLA’IF alias LEMAH
Para ulama sepakat bahwa HADITS DLA’IF tidak dapat dijadikan hujjah kecuali di dalam masalah ‘Fadlâ’-il al-A’mâl’ dimana mereka masih berselisih pendapat tentang ‘kebolehan’ menggunakan hadits DLA’IF terhadap masalah tersebut.
Pendapat yang rajih/kuat dan berkenan di hati adalah berlaku secara umum, artinya semua hadits DLA’IF tidak dapat dijadikan sebagai hujjah selama tidak ada pendukung lain yang menguatkan dan mengangkat statusnya.

- والله أعلم -

(Diambil dari buku ‘ad-Durar al-Muntatsirah Fî al-Ahâdîts al-Musytahirah’, karya Imam as-Suyuthy, (tahqiq/takhrij hadits oleh Syaikh Muhammad Luthfy ash-Shabbagh), hal. 74, hadits no. 51 dengan beberapa penambahan) 

Hadîts Qudsiy



Apa Itu Hadîts Qudsiy?


Mukaddimah
Pada kajian ilmu hadits kali ini, sengaja kami ketengahkan masalah Hadîts Qudsiy yang tentunya sudah sering didengar atau dibaca tentangnya namun barangkali ada sebagian kita yang belum mengetahuinya secara jelas.
Untuk itu, kami akan membahas tentangnya secara ringkas namun terperinci insya Allah, semoga bermanfa'at.

Definisi

Secara bahasa (Etimologis), kata
القدسي dinisbahkan kepada kata القدس (suci). Artinya, hadits yang dinisbahkan kepada Dzat yang Maha suci, yaitu Allah Ta'ala.
Dan secara istilah (terminologis) definisinya adalah 

ما نقل إلينا عن النبي صلى الله عليه وسلم مع إسناده إياه إلى ربه عز وجل
Sesuatu (hadits) yang dinukil kepada kita dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam yang disandarkan beliau kepada Rabb-nya.

Perbedaan Antara Hadîts Qudsiy Dan al-Qur`an

Terdapat perbedaan yang banyak sekali antara keduanya, diantaranya adalah:
1. Bahwa lafazh dan makna al-Qur`an berasal dari Allah Ta'ala sedangkan Hadîts Qudsiy tidak demikian, alias maknanya berasal dari Allah Ta'ala namun lafazhnya berasal dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam.
2. Bahwa membaca al-Qur`an merupakan ibadah sedangkan Hadîts Qudsiy tidak demikian.
3. Syarat validitas al-Qur'an adalah at-Tawâtur (bersifat mutawatir) sedangkan Hadîts Qudsiy tidak demikian.

Jumlah Hadîts-Hadîts Qudsiy

Dibandingkan dengan jumlah hadits-hadits Nabi, maka Hadîts Qudsiy bisa dibilang tidak banyak. Jumlahnya lebih sedikit dari 200 hadits.

Contoh

Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim di dalam kitab Shahîh-nya dari Abu Dzarr radliyallâhu 'anhu dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pada apa yang diriwayatkan beliau dari Allah Ta'ala bahwasanya Dia berfirman,

يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَالَمُوْا
"Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan perbuatan zhalim atas diri-Ku dan menjadikannya diantara kamu diharamkan, maka janganlah kamu saling menzhalimi (satu sama lain)." (HR.Muslim)

Lafazh-Lafazh Periwayatannya

Bagi orang yang meriwayatkan Hadîts Qudsiy, maka dia dapat menggunakan salah satu dari dua lafazh-lafazh periwayatannya:
1.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عز وجل
Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pada apa yang diriwayatkannya dari Rabb-nya 'Azza Wa Jalla
2.
قال الله تعالى، فيما رواه عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم
Allah Ta'ala berfirman, pada apa yang diriwayatkan Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dari-Nya

Buku Mengenai Hadîts Qudsiy

Diantara buku yang paling masyhur mengenai Hadîts Qudsiy adalah kitab

 الاتحافات السنية بالأحاديث القدسية (al-Ithâfât as-Saniyyah Bi al-Ahâdîts al-Qudsiyyah) karya 'Abdur Ra`uf al-Munawiy.
    Di dalam buku ini terkoleksi 272 buah hadits.




(SUMBER: Buku Taysîr Musthalah al-Hadîts, karya
DR.Mahmûd ath-Thahhân, h.127-128)

Selasa, 15 November 2011

Autobiografi

Nama lengkap Saya adalah Damas Dwijayanto. Saya dilahirkan di kota Bandung pada tanggal 16 Juni 1990. Saya adalah anak kedua dari 4 (empat) bersaudara yang Alhamdulilah semuanya berjenis kelamin laki-laki.  Saat Saya menginjak usia 2 (dua) tahun, Saya dan keluarga pindah ke kota Bogor. Di kota ini (Bogor) Saya masuk Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 3 Bogor pada tahun 1996 dan lulus tahun 2002. Setelah itu Saya melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 8 Bogor yg beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 86 bogor selama 3 tahun dan lulus tahun 2005. Setelah lulus SMP Saya melanjutkan pendidikan menengah Saya di SMK Tri Dharma 2 Bogor yang beralamat di Jalan Kebon Pedes No.25 Bogor. Di SMK Tri Dharma 2 Bogor ini Saya mengambil jurusan Multimedia, suatu jurusan yang baru saja dibuka pada tahun itu di SMK Tri Dharma 2 Bogor ini dan dengan kata lain bahwa Saya termasuk angkatan pertama.
Dan setelah lulus dari pendidikan yang melelahkan itu Saya pun memutuskan untuk bekerja dengan pertimbangan bahwa dengan Saya bekerja insya Allah sedikit banyak bisa mengurangi beban biaya pendidikan adik-adik Saya. 
Dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk Saya mendapat pekerjaan dengan hanya mengandalkan ijazah SMK. Dan setelah pencarian panjang itu (lebih kurang 4 bulan) Saya pun mendapatkan pekerjaan pertama Saya. Saya diterima bekerja di PT Saptajaya Textilindo Bandung, sebuah perusahaan yg bergerak di bidang industri tekstil sebagai operator produksi. 
Setelah melalui banyak pertimbangan Saya pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Saya di perusahaan tersebut yang Sudah Saya jalani selama kurang lebih 2 tahun itu. Saya pun pindah lagi ke kota Bogor untuk bisa berkumpul bersama-sama lagi dengan keluarga. 
Di kota ini Saya berniat untuk bekerja kembali akan tetapi orangtua Saya  menyarankan Saya untuk mendaftar seleksi masuk mahasiswa baru di kampus Bogor EduCare (BEC). Setelah Saya lihat profil BEC melalui internet saya pun tertarik untuk mencoba saran orangtua Saya untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut. Setelah melalui serangkaian tes seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru di kampus BEC Alhamdulillah akhirnya Saya pun diterima untuk menjadi Calon Mahasiswa Bogor EduCare angkatan 15 dan wajib mengikuti Masa Orientasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh kampus tersebut.

Pioneer


     Latar belakang pendidikan Saya (multimedia) yang (sedikit) membuat Saya memberanikan diri untuk bergabung dalam kegiatan ekstrakulikuler jurnalis dengan sub divisi Movie pada sebuah kampus yang terletak di Cimahpar.
     Awalnya Saya hanya ikut-ikutan saja ketika ada perekrutan anggota baru pada setiap ekskul maupun divisi-divisi lainnya di kampus tersebut.
Kenapa saya movie? Saya pikir tidak ada salahnya untuk kembali mendalami (bahkan kalo bisa sih syukur2 dapat mengamalkan) ilmu yang saya dapat disaat duduk di bangku SMK dulu.
    Pada saat perekrutan terebut Saya merasa sedikit bingung karena  mahasiswa yang berminat pada ekskul jurnalis ini sangat minim sekali. Alhasil saya pun ditunjuk untuk menjadi ketua / pemimpin redaksi movie periode 2011-2012. Saya merasa keberatan pada waktu itu (jujur sebenernya sampe sekarang juga masih ngerasa keberatan... hehe), Saya belum pernah menjabat pada sebuah posisi penting dalam sebuah organisasi.       Waktu jamannya Saya sekolah pun sebenarnya Saya cukup aktif namun hanya sebagai follower saja tidak seperti sekarang ini menjabat untuk posisi yang sangat merepotkan.... :(
Namun setelah angkatan sebelumnya yakni pengurus periode sebelum kami meyakinkan Saya, akhirnya Saya pun (walau dengan berat hati) bersedia melanjutkan perjuangan mereka untuk menjadikan jurnalis (khususnya redaksi movie) sebagai satu-satunya ekskul ternyantai, terkeren, terpopuler, terelegan.... B-)